Kamis, 28 Oktober 2010

INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER

interaksi manusia dan komputer

IV. DESAIN

- Prinsip Design

Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata "desain" bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja.

- Ide dalam membuat design

Berawal dari minat sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, ilustrasi baik berupa foto maupun tulisan.

- Tantangan dalam membuat design

Antara lain: Proses pembuatan. Metoda merancang. Produk yang dihasilkan (rancangan). Serta disiplin ilmu yang digunakan (disain).

- Contoh design dalam kehidupan sehari-hari

Gambar, Animasi, Kartun, dan berbagai bentuk lainnya.

- Desain Grafik

Bagian dari interface yang terlihat dan menimbulkan cita rasa

Ø Filosofi Desain

Elemen visual ekonomi. Tidak berlebihan. Jelas dan terorganizir dengan baik.

Ø Prinsip Desain Grafik

· Metafora (proses perancangan bentuk)

· Alignment Kejelasan Kerapatan (Proximity)

· Konsisten

Ø Pembuatan User Interface

Digunakan untuk mempermudah user dalam mengkomunikasikan bentuk disain kedalam sebuah gambar, tulisan dsb.

Ø Teknik Koding

Digunakan sepintas lalu, baik untuk menarik perhatian, tapi jarang digunakan Mengabaikan penggunaan video, baik untuk membuat sesuatu menjadi solid tapi jarang digunakan.Mungkin menarik mata tapi dapat mengganggu setelah beberapa waktu.

Ø Tipografi (typograph)

· Karakter dan simbol dalam penggunaannya mudah dilihat dan dibedakan

Ø Fonts

Ø Menggunakan 1-2 huruf (maksimum 3 huruf)

Ø Menggunakan jenis huruf normal,italic,bold

Ø Ukuran huruf maksimum 1-3 jenis ukuran

Ø Perhatikan warna dari background teks

Ø Warna (atribut, asosiasi)

Warna dapat didefinisikan secara obyektif/fisik sebagai sifat cahaya yang dipancarkan, atau secara subyektif/psikologis sebagai bagian dari pengalaman indera pengelihatan.

Penuntun Penggunaan Warna

· Tampilkan warna dengan latar belakang (background) gelap

· Pilih warna yang cerah untuk foreground (putih,hijau dll)

· Hindari penggunaan warna coklat dan hijau untuk background

· Kecerahan dan kombinasi warna pada foreground dan background kontras

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam penggunaan warna, yaitu:

- Buta warna (cacat warna)

- Monitor monochrome (hanya mengenal satu warna)

- Pengkodean ekstra meningkatkan tampilan interface

·

Ø Desain Icon

Merancang tugas/pekerjaan

· Menampilkan objek atau aksi dalam tata cara yang mudah dikenali dan di

ingat

· Keragaman icon berjumlah terbatas

· Icon dimunculkan pada latar belakang

· Pastikan bahwa pada salah satu icon yang dipilih terlihat lebih terang dari

yang lain

· Tiap icon menggunakan simbol yang berbeda satu dengan yang lain

· Membuat icon yang sejenis ke dalam kelompok icon yang berkaitan

· Menghindari penggunaan icon terlalu terinci


Tidak ada komentar:

Posting Komentar